Browse By

Silaturahim Kantor Kemenag, LDII Tabanan Nyatakan Komitmen Rawat Toleransi

TABANAN, LDII – Pengurus harian DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Tabanan Kamis (18/2) pagi bertandang ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tabanan. LDII utarakan berkomitmen menjaga toleransi umat beragama di Tabanan saat diterima langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Putu Arsana, S.E, S.Ag. M.Si.

Pada pertemuan saat itu, Arsana didampingi oleh Kasi Bimas Islam, H. Bambang Sumantri, S.H, dan Kepala KUA Baturiti, Nurhayat, S.Ag., serta pejabat teras Kantor Kemenag Tabanan, Ketua DPD LDII Kabupaten Tabanan, Maulana Sandijaya, S.Pd., M.Si,.

Kehidupan harmonis di Kabupaten Tabanan yang tercipta saat ini menjadi cermin kerukunan umat beragama terjalin sangat baik. “Saling menghormati dan toleransi antarumat beragama itu harus terus dirawat. Sebab, kerukunan menjadi salah satu faktor penting mendukung Tabanan yang maju,” kata Sandi.

Lebih lanjut dijelaskan, LDII melalui tagline “LDII Untuk Bangsa” berusaha untuk memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat, umat, bangsa dan negara. “Moto kami di Tabanan yaitu merajut silaturahim, merawat toleransi dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” tegas pria asal Rembang, Jawa Tengah, itu. Sandi menjelaskan bahwa LDII juga sangat menghormati kearifan lokal. Hal itu dibuktikan dengan menyama braya bersama masyarakat Banjar Malkangin, Desa Dajan Peken, Tabanan. “Setiap ada kegiatan, kami selalu memberi informasi pada Kelian Dinas dan Kelian Adat Banjar Malkangin,” katanya. 

Sementara itu, Arsana berharap melalui audiensi dan silaturahmi ini pengurus LDII Tabanan kedepannya bisa bekerja sama dengan lembaga keumatan Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan pemerintah setempat. “Sehingga LDII bisa berpartisipasi membangun Kabupaten Tabanan yang lebih baik,” tutur Arsana.

Arsana juga mengajak warganya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, sehingga pandemi Covid-19 dapat ditanggulangi dan dicegah penyebarannya. Peran aktif LDII juga akan mendorong kembali pulihnya ekonomi, kegiatan sosial, dan keagamaan.

“Dengan demikian, kita bisa menunjang program pemerintah di pusat maupun daerah,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Kasi Bimas Islam, H. Bambang Sumantri, S.H, juga menyambut baik kedatangan pengurus LDII Kabupaten Tabanan. Mantan Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung itu berharap LDII Tabanan bisa menginformasikan dan melaporkan kegiatannya. “Mari bersama-sama kita jalin ukhwah islamiyah dan ukhwah basyariyah, sehingga terjalin kerukunan dan persatuan di antara kita semua,” ungkapnya.

Di akhir acara, pengurus LDII Tabanan menyerahkan plakat dan majalah Nuansa yang memuat kegiatan secara nasional. (KIM)  

 

Oleh: Sandi Jaya (contributor) / Noni Mudjiani (editor)