Browse By

LDII Kutai Timur Berkunjung ke Pejabat Baru Kemenag

Sanggatta (9/8) Dalam rangka menjalin kekerabatan dan kekeluargaan, jajaran DPD LDII Kutai Timur (Kutim) melakukan kunjungan ke kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kutim, di kawasan Komplek Bukit Pelangi Sangatta, Kutim, Rabu (15/7) pukul 10.00 Wita. Jajaran DPD LDII Kutim yang hadir saat itu adalah Ketua Damuri, Ketua Dewan Pembina KH Muflihun Assiddiqi, Sekretaris H Imam Sujono Lutfi, dan Bendahara H Sudarman.

Mereka disambut hangat oleh Kepala Kemenag Kutim H Nasrun, beserta jajarannya. Pertemuan dimulai dengan pembukaan oleh Imam Lutfi yang memperkenalkan jajaran kepengurusan DPD LDII Kutim. Bahwa, LDII selalu dekat dengan Kemenag, apalagi ketika adanya pejabat baru di Kemenag, maka sudah selayaknya LDII untuk bersilaturahim menjalin kekerabatan. Kepala Kemenag Kutim, H Nasrun mengatakan, pihaknya selalu menaungi semua ormas agama di Indonesia, baik dari umat Islam maupun Nasrani atau agama dan kepercayaan lainnya.

“Saya kenal dekat dengan LDII, sudah lama mengenalnya sejak kecil. Agama di negeri ini sudah ada sebelum negara Indonesia terbentuk. Bahkan di Arab Saudi tidak semoderat seperti di Indonesia. Saya harap LDII bisa menjadi ormas Islam yang meramut umat dan bersikap moderat,” ucap Nasrun. Masalah kepahaman dan fiqih yang berbeda-beda, lanjut dia, itu adalah hal umum di Indonesia. Karena hakim tunggal adalah Allah. “Sebelumnya saya saat di Tenggarong sering didatangi untuk diskusi oleh banthe Buddha. Juga pastor sering mendatangi saya. Jadi saya ini selalu dekat dan terbuka dengan semua golongan umat maupun ormas keagamaan,” ucap dia.

Nasrun berharap, semua ormas bisa bergandengan tangan di Kutim, terlebih dalam menghadapi tahun politik ini, “Jangan sampai kita ormas keagamaan ditunggangi kepentingan politik,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kutim Damuri mengaku sangat bersyukur atas sambutan hangat yang diberikan pihak Kemenag Kutim. Banyak nasihat dan masukan yang diberikan akan bermanfaat untuk LDII di Kutim ke depannya. “Untuk bersinergi dengan pemerintah, Alhamdulillah sudah kami praktekkan sejak dulu. Bahkan hingga kini kedekatan LDII dengan pemerintah di Kutim sudah berlangsung lancar dan baik. Kami bersyukur bisa bertemu dengan Pak Haji Nasrun, orangnya baik dan ramah, kami saling bahkan sudah saling akrab,” ungkap Damuri.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina DPD LDII Kutim, Muflihun Assiddiqi mengucapkan rasa terima kasih kepada Kemenag atas nasihat dan masukan yang diberikan selama kunjungan tersebut. “Nasihat itu insya Allah akan saya bawa sesuai apa yang diamanatkan. Kami juga punya agenda besar untuk dilaksanakan yaitu amanat dari ketua DPP LDII Abdullah Syam yang telah menyampaikan pesannya sebelum meninggalnya beliau pada Minggu 12 Juli 2020, bahwa kami harus bisa menjalin silaturahim dengan semua pihak,” ungkap Muflihun. (ray)

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)