Browse By

LDII Kalbar Tanam Ribuan Mangrove Tuk Selamatkan Pesisir Pantai

MEMPAWAH (5/11) – Sedikitnya 3000 bibit Mangrove berhasil ditanam Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kalbar bersama Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) dan mahasiswa teknik perencanaan wilayah Untan Pontianak, Sabtu (31/10) pagi.

“Alhamdulillah mangrove yang kita tanam sebanyak 3000 bibit, semoga upaya ini dapat mengurangi ancaman abrasi pantai,” ujar Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto disela-sela kegiatan penanaman.

Dipilihnya Pesisir Tanjung Burung Mempawah sebagai lokasi penanaman karena ancaman abrasi cukup besar. “Sesuai penjelasan Kelurahan pada tahun 2019 di lokasi pesisir ini terjadi abrasi sepanjang 20 meter. Sehingga secara organisasi kami terpanggil,” katanya.

Memang penanaman kali ini titik lokasi penanaman agak jauh dari pantai. “Lokasi yang kita tanam sekitar 30 meter dari bibir pantai, dengan harapan satu tahun kedepan mangrove sudah tumbuh subur sehingga bisa menyelamatkan dari abrasi,” ungkap Susanto.

Selain itu dirinya juga mengaku terima kasih kepada komunitas peduli lingkungan sehingga bersama LDII dapat berkolaborasi. “Atas nama LDII, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak, karena satu visi sesama organisasi bisa berkolaborasi,” tegasnya.

Camat Mempawah Hiir, Kuntum Indah mengapresiasi gerakan peduli lingkungan yang mampu dilaksanakan.”Atas nama pemerintah, saya apresiasi kegiatan peduli lingkungan khususnya pesisir pantai. Mudah-mudahan bermanfaat,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar kegiatan serupa terus digalakan. “Saya berharap kegiatan ini berkelanjutan, cakupan peserta yang menanam ditambah dan diperluas,” kata Kuntum.

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *