Browse By

LDII Kalbar Berikan Perhatian Khusus Tuk Lindungi Kerusakan Alam Kubu Raya

Kubu Raya (8/12) – Kukuhkan Relawan Lingkungan, LDII Kalbar Berikan Perhatian Penuh Terhadap Kerusakan Alam Kubu Raya – Kualitas dan fungsi lingkungan semakin merosot sebagai dampak atas kerusakan alam. Hal inilah yang mendorong Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kalbar memberikan perhatian penuh dengan mengukuhkan relawan lingkungan.

“Kerusakan lingkungan semakin serius memberikan ancaman terhadap kelangsungan hidup ekosistem, termasuk manusia didalamnya. Disinilah LDII terpanggil dengan membentuk relawan lingkungan,” ujar Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto disela-sela kegiatan pengukuhan, Minggu (6/12).

Kedepan, keberadaan relawan lingkungan ditargetkan terbentuk di 14 kabupaten/kota. “Secara maraton, relawan ini akan dibentuk di semua kabupaten/kota wilayah Kalbar. Karena fungsi dan kualitas lingkungan sudah buruk, sehingga harus segera diperbaiki,” jelas dia.

Keberadaan relawan ini sebagai langkah konkret dan komitmen LDII. “LDII berkeinginan mengembalikan fungsi dan kualitas lingkungan. Capaian itu bisa diwujudkan apabila ada kepedulian dari seluruh komponen,” ujar Susanto.

Dengan dibentuknya relawan ini diharapkan menjadi potensi sosial bagi seluruh kelembagaan baik pemerintah ataupun swasta yang memiliki visi yang sama.

“Relawan ini merupakan potensi sosial yang bisa dimanfaatkan dan apabila diberikan ruang untuk berpartisipasi dalam program-program perbaikan dan kelestarian lingkungan hidup, insya Allah akan berhasil maksimal,” tambahnya.

Pengukuhan relawan yang dipusatkan di Desa Tebang Kacang Sungai Raya Kubu Raya itu juga dirangkai dengan penanaman 1220 pohon.

“Hari ini bersama warga kita tanam 1220 pohon termasuk 450 bibit pohon jengkol dan petai yang kita bagikan,” tegas Susanto. Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Sungai Raya AKP Sutrisno, Lettu Prasetyo mewakili Kodim , Kades Tebang Kacang dan para tokoh masyarakat.

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)