Browse By

LDII Jakarta Barat Sosialisasikan Tata Cara Kurban di Tengah Pandemi

karet kuningan.jpg

Jakarta (27/7) – Dalam rangka untuk mengantisipasi timbulnya korban corona-19, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Barat menggandeng DPD LDII Sosialisasikan Tata Cara Kurban di tengah pandemi.

Webinar dengan materi TATA CARA PEMILIHAN, PEMOTONGAN HEWAN DAN PENANGANAN DAGING KURBAN SECARA SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020/1441 H, yang dibuka oleh Asisten litbang, diikuti oleh seluruh kepala SKPD, lurah, Camat dan panitia kurban se Jakarta Barat berlangsung secara offline dan online dari gedung serbaguna Yayasan Almanshurin JL. H.Jaani Jalan Panjang Kebon Jeruk Jakarta Barat, kamis 23/7/2020.

Fredi, Asisten Litbang yang membuka acara tersebut mewakili walikota dalam arahannya menegaskan bahwa dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban di saat pandemi covid-19 harus betul-betul penuhi protokol kesehatan.

“Jakarta Barat termasuk rekor tertinggi pasien covid baru, karenanya jangan ditambah lagi kalau bisa, untuk itu potensi penuluran dari kerumunan saat pemotongan hewan kurban nanti hendaknya dihindari, penuhi protokol kesehatan, lakukan 3M,” tegasnya.

Fredi, selanjutnya mengingatkan jika nanti ditemui dilokasi ada pemotongan hewan kurban yang tidak memenuhi protokol kesehatan, pihaknya akan menurunkan satpol PP.

Sementara itu, Kepala Sudin KPKP Kota Adm Jakarta Barat Iwan Indriyanto yang didampingi stafnya, dalam paparan makalahnya menyampaikan sosialisasi tata cara pemilihan pemotongan dan pendistribusian daging kurban di musim pandemi covid-19, hal ini agar jangan sampai momen ibadah tersebut justru menjadi pusat penyebaran virus corona.

“OTG tidak kita ketahui siapa saja dia, termasuk ODP, maka menghindari kerumunah, sangatlah dianjurkan, untuk itu panitia hewan kurban sebaiknya betul-betul menghindari kerumunan, kalau bisa panitianya pas-pasan saja, para mustahik biar nunggu dirumah saja nanti daging dikirim kerumah masing-masing,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia termasuk di Indonesia tidak menyurutkan semangat umat Islam menyongsong datangnya hari raya Idul Adha yang tahun ini Insya Allah jatuh Jumat, 31 Juli 2020 mendatang.

Menyikapi kondisi yang ada, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Barat menggandeng DPD LDII menyelenggarakan webinar sosialisasi tata cara pemilihan, pemotongan hewan, dan penanganan daging kurban di masa pandemik Covid-19.

“Ajang webinar terbuka untuk umum dan gratis, dengan materi utama TATA CARA PEMILIHAN, PEMOTONGAN HEWAN DAN PENANGANAN DAGING KURBAN SECARA SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020/1441 H,” jelas Iwan.

Hadir sebagai nara sumber pada webinar tersebut, Asisten Litbang Walikota Fredi, Ketua Umum MUI Kota Administrasi Jakarta Barat yang diwakili KH.Imam Zakwan, komisi Fatwa, KH.Lukman Hakim, wakil ketua DMI Jakarta Barat, Iwan Indriyanto, Ka Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Barat dengan Materi Kebijakan Pemerintah DKI Jakarta Terkait Pemotongan Hewan Kurban dalam Masa Pandemi COVID-19, drh. Sri Hartati M.Si, Ketua Askesmaveti (Asosiasi Kesehatan Masyarakat Veteriner) dengan moderator H Arifin Rusdi S.Pd.I, M.Pd, Pemimpin Redaksi Beritakotanews.com.

Acara tersebut disempatkan juga penyerahan pembagian kantong plastik ramah lingkungan yang bahan bakunya dari kulit singkong dari ka Sudin KPKP kepada salah satu DKM Masjid LDII Makaliwe Grogol. Selanjutnya acara ditutup oleh ketua DPD LDII Kota Adm Jakarta Barat H. Jasa Dermawan, dilanjutkan dengan foto bersama.

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)