Browse By

Komandan Kodim 0809 Kunjungi Ponpes Wali Barokah

Kediri (24/04) – Pondok Pesantren Wali Barokah dan LDII Kota Kediri menerima silaturahmi jajaran Kodim 0809 Kediri, dalam kunjungannya dipimpin oleh Komandan Kodim Brawijaya 0809 Kediri, Letkol Inf. Rully Eko Suryawan yang sebelumnya bertugas sebagai Dansecaba Rindam XVI/Pattimura Ambon Maluku, ia datang ke Ponpes Wali Barokah Kota Kediri beserta jajarannya.

Kunjungannya tersebut dalam rangka bersilaturahmi dengan para Kyai dan Ulama Pondok Pesantren (Ponpes) Walibarokah sekaligus berkenalan dan meminta do’a restu dengan jabatan baru di Kodim Brawijaya 0809 Kediri

“Kami adalah orang baru di Kota Kediri, sehingga kami meminta do’a restu dan bimbingan para kyai untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai Komandan Kodim Brawijaya 0809 Kediri, karena lancarnya Perjuangan Kemerdekaan zaman dahulu juga tidak lepas dari andilnya perjuangan para tokoh agama, ulama’ dan kyai, serta kami ingin hubungan Kodim dengan Ponpes Wali Barokah ini selalu terjalin dengan sangat baik.” ungkap Rully Eko.

Sementara itu, di awal tugasnya sebagai Komandan Kodim Brawijaya 0809 Kediri tersebut, ia mempunyai program untuk bersilaturahmi di Pondok – Pondok Pesantren Kediri, Pondok Pesantren Wali Barokah adalah Pondok ketiga yang dikunjungi. “Ponpes Wali Barokah ini adalah Ponpes ketiga yang kami kunjungi”, jelasnya.

Pria asal Malang Jawa Timur ini sangat takjub dengan kondisi Kota Kediri yang sangat kondusif, dengan keberagaman agama di dalamnya, namun tetap rukun, termasuk karena adanya Forum Komunikasi Umat Beragama dan Paguyuban Antarumat Beragama. “Kami sangat takjub, sebab baru kali ini, kami ditugaskan di wilayah yang kondusif, ada Forum Komunikasi Umat Beragama dan Paguyuban Antarumat Beragama yang mewadahi keberagaman agama, yang menjadikan Kota Kediri ini aman dari perpecahan”, pungkasnya.

Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara saat ini sangat dibutuhkan untuk terus disosialisasikan kepada masyarakat, terutama santri – santri yang ada di Pondok Pesantren, maka Komandan Kodim 0809 Kediri menyatakan kesiapannya untuk memberikan sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara,

“Kami beserta jajaran siap untuk memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada para santri yang ada di Ponpes Wali Barokah”, imbuhnya.

Pada sesi sambutan, H.Sunarto, Ketua Ponpes Wali Barokah menceritakan profil pondok, keberadaan PLTS yang menjadi sarana pembelajaran dan juga keadaan Pondok selama dalam masa pandemi yang selalu taat pada aturan Pemerintah dan selalu berusaha menerapkan 5 M dalam lingkungan Pondok, serta memberikan dukungan penuh pada Pemerintah dengan selalu memberikan Pendidikan Wawasan Bela Negara pada para santri.

“Semenjak pandemi terjadi di Indonesia, kami selalu berusaha mentaati aturan Pemerintah, menerapkan 3 M yang sekarang dikembangkan menjadi 5 M dan mendukung Pemerintah dengan rutin memberikan Wawasan Bela Negara kepada para santri Pondok walaupun dalam masa pandemi sekalipun”, jelasnya.

Masa Pandemi masih belum berakhir, maka banyak upaya – upaya yang dilakukan oleh Pondok Wali barokah dalam mencegah menyebarluasnya covid 19, termasuk untuk sementara waktu tidak menerima santri baru dan santri yang sudah berada di dalam Pondok, tidak diperbolehkan untuk pulang, sebagai upaya untuk mendukung kebijakan – kebijakan pemerintah dalam hal pencegahan penyebarluasan covid 19. “Kami mendukung kebijakan – kebijakan pemerintah dalam hal pencegahan penyebarluasan covid 19, sehingga untuk sementara waktu tidak menerima santri baru dan santri yang sudah berada di dalam Pondok, tidak diperbolehkan untuk pulang dan memberikan beberapa hiburan selama libur lebaran di Pondok agar santri tidak jenuh”, imbuhnya.

Agung Riyanto, Ketua LDII Kota Kediri menambahkan bahwa ia dan warga LDII siap untuk menerima sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, terutama bagi Generasi Milenial LDII. “Kami siap untuk menerima sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang ditujukan kepada warga LDII terutama Generasi Milenial, baik secara luring dengan jumlah peserta yang terbatas, maupun secara daring dengan difasilitasi dari LDII”, jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Senkom Kota Kediri, H.Abdul Aziz yang selalu bermitra dan membantu Polri dalam mengkondusifkan kamtibmas di Kota Kediri, serta ikut membantu dalam pencegahan penyebaran covid 19 terutama di Kota Kediri.

“H.Abd.Aziz menyampaikan tentang sekilas Senkom Mitra Polri dan program-program yang sudah terlaksana, termasuk dalam hal kebencanaan juga bekerjasama dengan TNI, sehingga Senkom bukan hanya Mitra Polri, namun Senkom juga Mitra TNI.”, jelasnya.

Pada akhir sesi acara ini, H.Sunarto berpesan kepada Komandan Kodim Brawijaya 0809 Kediri, untuk selalu bisa bersinergi dengan semua pihak yang ada di Kota Kediri dalam rangka bersama – sama menerapkan kondisi yang kondusif di Kota Kediri. “Kami berharap hubungan baik Kodim Brawijaya 0809 Kediri dengan semua pihak terutama Ponpes Wali barokah dan LDII Kota Kediri ini ke depan selalu baik dan bersinergi dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di Kota Kediri, selamat datang dan selamat bertugas di Kodim Brawijaya 0809 Kediri, semoga selalu bisa amanah”, pungkasnya. (Ari)

Oleh: Ari GB (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *