Browse By

Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran, Ustazah LDII Bangka Ingatkan Etika Sosial Media

Intan Nurhayati, ustazah PC LDII Muntok, berhasil meraih juara 1 dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XI Kabupaten Bangka Barat tahun 2020. Ia meraih juara 1 dalam kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran Putri mewakili Kecamatan Muntok.

Alumnus Ponpes Minhaajurrosyidiin Pondok Gede ini berhasil meraih juara setelah menulis karya ilmiah berjudul “Etika Bermedia Sosial dalam Pandangan Islam”, “Karya tulis ilmiah saya membahas tentang perkembangan media sosial, dampak-dampak yang ditimbulkan, serta bagaimana Alquran mengarahkan bagaiman umat Islam berinteraksi di media sosial supaya menciptakan suasana sehat dan kondusif, bahkan membawa pahala buat penggunanya,” ujarnya usai penutupan MTQ ke-XI Kabupaten Bangka Barat, yang dilaksanakan di Masjid Agung Pemkab Bangka Barat pada Kamis (19/3) lalu.

 

Intan menambahkan, bahwa karya tulis ilmiahnya juga mengajak kepada kaum muslimin agar lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial di era digitalisasi saat ini. “Selayaknya interaksi di dunia nyata, ya harus tetep memperhatikan etika dalam bergaul. Meskipun tidak face to face. Menjaga Budi pekerti dalam media sosial termasuk adabnya seorang muslim,” imbuhnya.

Dalam karya tulisnya tersebut, ia juga menjelaskan tentang isi kandungan dalam Surah Al Zalzalah ayat 7 – 8. “Kalau setiap orang iman belajar memahami Alquran, yang di dalamnya banyak ajakan kebaikan, Insya Allah sebagai muslim kita akan punya kepahaman sendiri, bagaimana bersikap yang baik, di mana pun, termasuk di medsos,” imbuhnya.

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)