Lataniya Web Dev

Browse By

Tugas Penting Sako Menyiapkan Generasi Penerus Bangsa

LINES – Pembinaan generasi muda adalah bagian penting dalam menjaga keberlangsungan suatu bangsa. Karena rusaknya generasi penerus berpengaruh pada suatu negara. Sako Sekawan Persada Nusantara diharapkan dapat membantu memberikan solusi bagi umat dalam melakukan pembinaan. Demikian ungkap Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Garut H. Ahmad Bajuri, SE, MM, usai melantik kepengurusan Sako Cabang Garut Sekawan Persada Nusantara, di Gedung Serbaguna DPD LDII Kabupaten Garut, sabtu 20/02/2016.

“Saat ini yang dihadapi Pramuka adalah era masyarakat ekonomi asean dan globalisasi untuk itu pelatihan-pelatihan yang diberikan bukan saja bagaimana cara mengikat tali, membuat kemah,pembentukan karakter, tapi juga perlu mendidik bagaimana menciptakan lapangan kerja, melatih ketrampilan, berwirausaha, serta melatih peserta agar dapat melek IT. Dengan memiliki ketrampilan, anggota pramuka tidak mudah tersaingi oleh tenaga kerja asing. Di Bidang IT, keahlian ini sangat diperlukan untuk menembus pasar dunia luar, mereka dapat mempromosikan barang dan jasa, customer pun bisa semakin banyak dalam waktu yang singkat.”

Menurut Bajuri, jika kita lalai melakukan pembinaan generasi muda, dosanya ditanggung para Pembina pramuka. Bajuri berharap dengan terbentuknya SAKO SPN dapat memberikan warna dalam kepramukaan. Disamping melakukan pendidikan spiritual, SAKO SPN harus ikut membantu kepentingan bangsa dalam menyiapkan generasi penerus di masa depan. Teknisnya dapat bekerjasama dengan balai-balai pelatihan dan pengusaha-pengusaha di Garut.

Ketua PINSAKOCAB SPN Kabupaten Garut Drs. H. Tatang Taruna, menyambut baik harapan Ka Kwarcab. Rencana awal Sakocab SPN Garut akan melakukan konsolidasi awal sampai ke tingkat masjid,”Kami akan menyusun program kerja yang didalamnya termasuk pembinaan karakter, pendidikan dakwah dan pelatihan kewirausahaan.”

Mewakili Ka Kwarnas, Kak Teddy Suratmadji mengungkapkan, pembinaan generasi muda yang dilakukan oleh SAKO SPN sudah sesuai dengan tri satya dan dasa dharma pramuka, seperti jujur, amanah, rukun dan kompak serta karakter-karakter baik lainnya yang memang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

Hadir dalam pelantikan Sakocab SPN Kabupaten Garut, mewakili Ka Kwarnas Kak Teddy Suratmadji, Pinsakoda SPN Jawa Barat Kak Bahrudin dan seluruh jajaran pengurus Sakocab SPN Kabupaten Garut. (eko/ubed)