Lataniya Web Dev

Browse By

Seminar Pola Pikir Positif Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak

Sragen (Minggu, 15 Nov 2015) – Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kab. Sragen, Bidang Pemberdayaan Perempuan & Kesejahteraan Keluarga, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, menggadakan Seminar sehari Parenting Skill & Kesehatan Anak, dengan tema, “Membangun Pola Pikir Positif Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak Dalam Membentuk Generasi yang Berakhlakqul Karimah, Faqih, Sehat, dan Mandiri“. Narasumber dari keluarga besar LDII, sebagai psikolog; Akmaludin Akbar,SPsi,MNLP dan Dokter spesialis anak; Dr. Oktora,Sp.A,. Dihadiri 475 orang dari perwakilan Majelis Taklim LDII, Pengurus Bidang Pemberdayaan Perempuan & Kesejahteraan Keluarga PAC di 20 Pimpinan Cabang LDII Kab. Sragen.  Pengurus dan Dewan Penasehat, DPD LDII Sragen. Juga di hadiri dari Kepala Bagian Peranan Wanita Kab. Sragen Hj. Titik Sos. Pada hari Minggu, mulai jam 08.30 sampai 12.15 WIB.

Kegiatan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Ustadz Gian Mubarok (guru ponpes An Nur), dan ditutup doa oleh Ustadz H. Abdul Hamid sebagai Dewan Penasehat DPD LDII Sragen. Dalam pembukaanya Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan & Kesejahteraan Keluarga DPD LDII Sragen, Hj. Siti Masruroh, SPd,MPd, menjelaskan; Seminar ini dilakukan berdasarkan program kerja DPD LDII Sragen. Tujuanya terbentuknya pendidikan yang berkualitas dalam rumah tangga, meningkatkan kualitas pendidik anak sebagai orang tua, mampu menyelesaikan persoalan anak & mampu membentuk karakter anak yang berintegritas, Berakhlakqul Karimah, Faqih, Sehat, Mandiri, dan membekali para Ibu bagaimana tips penanganan anak jika sakit dirumah. Harapanya, setelah seminar disampaikan di tingkat Majelis Taklim PAC & PC LDII masing-masing.

Sambutan dari Ketua DPD LDII Kab. Sragen, H. Sumarsono, SE, MM; dengan tema diatas, diharapakan diterapkan, diamalkan, karena peran ibu sangat penting dalam mendidik anak, dan menjaga kesehatan buah hatinya, anaknya baik secara jasmani & rohani. Pembukaan oleh H. Untung Sugiyartono, SE, MM (kepala DPPKAD) mewakil Bupati Sragen, yang bersamaan ada kegiatan di Kecamatan Gemolong & Kalijambe, nanti setelah acara, akan menghadiri & sebagi keynote speaker. Pemerintah mengucapkan terimakasih kepada DPD LDII mengadakan seminar bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten, sehingga ilmunya dari seminar ini, nantinya bisa bermanfaat bagi dirinya, keluarga, masyarakat sekitar dan saudara-saudara ditingkat Majelis Taklim. Jadi apa yang dilakukan LDII dalam membangun Sumberdaya Manusia sesuai dengan program pemerintah daerah Kab. Sragen. Mustahil Sragen bisa sejahtera jika SDM generasi muda tidak sesuai dengan thema seminar ini. Insya allah dimulai dari lingkup keluarga, majelis taklim, lingkungan dan masyarakat mulai tingkat RT, RW, Desa/Kelurahan, kecamatan & Kabupaten , bisa mencapai impian Sragen yang aman, adil, makmur, sejahtera, lahir batin. Dengan membaca Basmallah seminar dibuka.

Acara dilanjutkan materi pertama seminar, dengan moderator H. Daliyo Wibisono, SH (Wakil Ketua DPD LDII Sragen). Materi pertama oleh Akmaludin Akbar,SPsi,MNLP,dengan judul “Mendidik Anak Lebih Baik“, membahas tentang sejak kapan mulai mendidik anak, penyebab orang tua berlaku kasar atau emosional, tips berdialog dengan remaja, kenapa anak tidak menurut, mengapa anak suka berbohong, bahaya dunia maya, mendoakan anak dan hati-hati me-labeli anak, bagaimana menggedepankan urusan agama.

Materi kedua oleh Dokter spesialis anak, Dr. Oktora,Sp.A, dengan judul Tips Penanganan Anak Sakit di Rumah, membahas tentang demam, kejang demam, sesak nafas, muntah diare, bagaimana cara pertolonganya, materi ini lebih menekankan kesiap siagaan orangtua dalam menghadapi mengenali anak jika timbul gejala sakit yang umum menyerangnya. Sebelum menutup sesi kedua menekankan; “ Mencegah itu lebih baik daripada  mengobati, Sebagai orang tua harus mampu menangani kejadian sakit awal bila di rumah apalagi ada kegawatan”.

Di tengah acara materi kedua, Bupati Sragen Agus Fatchurrahman,SH, MH, bisa mendatangi, setelah kunjungan kerjanya. Bupati merasa senang LDII bisa mengadakan seminar, yang akan mencari ilmu bagi kebaikan bagi membangun pola pikir orang tua terhadap anak-anaknya bagi masa depan. Tiga komponen yang disiapkan Kabupaten Sragen yaitu pendidikan yang baik,  jika Januari 2016 DPRD setuju, akan mengratiskan SPP mulai TK sampai SMA baik negeri, maupun swasta. Kedua kesehatan, puskesmas, rumah sakit, yang kelas 3, bagi warga Sragen gratis. Ketiga karakter atau aklaqnya anak-anak Sragen, maka dipengajian-pengajian & sekolahan sekabupaten Sragen di wajibkan menghidupkan pramuka, selain pintar, cerdas, anak sragen punya karakter yang baik, menyukai Allah,  alam sekitar & sesama. Harapanya jika anak memiliki karakter baik, kedepanya akan berguna bagi masyarakat, nusa dan bangsa. Jadi tema seminar ini pas dengan program pemerintah Kabupaten Sragen./** (@nton)

3 thoughts on “Seminar Pola Pikir Positif Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak”

  1. M. Taufiq Hidayah says:

    Assalamu alaikum,

    Kami sangat berharap yang dimuat bukan hanya berita tentang Even nya saja, tapi bisa di share ringkasan materi nya supaya bisa memberikan masukan kepada jamaah secara luas

    1. fadel hari says:

      setuju sekali ma pendapatnya

      aduh, aku kira ini isinya materi. ternyata berita event.

  2. joko susilo says:

    Kami berharap materinya jg di share karena jamaah luas jg butuh ilmu seperti ini.Ajkk

Comments are closed.