Lataniya Web Dev

Browse By

Pelatihan Jurnalistik Remaja LDII Lahat

Sumatra Selatan – Sebanyak 50 muda mudi utusan Kota Pagar Alam, Empat Lawang, Muara Enim, Lubuk Linggau, Musi Rawas, dan Lahat mengikuti pelatihan Jurnalistik Dasar di Masjid Khoirul Huda Sekip Sidomulyo, Minggu (29/3/2015). Pelatihan diisi dua materi, yakni Pengenalan Jurnalistik Dasar dan Teknik Fotografi.

Pemimpin Redaksi Harian Pagi “Lahat Pos” H Aris Susilo yang menyampaikan materi Jurnalistik menyampaikan, untuk menjadi wartawan tidak sulit. Cukup memahami rumusnya yakni 5 W dan 1 H. Dari rumusan ini, wartawan bisa mengembangkan sendiri ide idenya dalam membuat berita.

“Asalkan terus berlatih dan belatih. Saya yakin semua peserta pelatihan bisa menjadi wartawan sungguhan,” katanya.

Adapun materi yang disampaikan antara lain, mengenal cara membuat berita, wawancara, dan teknik mencatat data. “Kami senang bisa mendapatkan ilmu jurnalistik. Karena selama ini saya mengira menjadi wartawan itu sulit,” ucap Geo, salah satu peserta pelatihan saat dibincangi wartawan PD di sela sela pelatihan.

Ketua DPD LDII Kabupaten Lahat Ir. Amat Sarjono diwakili Pengurus DPD LDII Kabupaten Lahat HM Ridwan Wagimun yang berkesempatan membuka acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik diadakan oleh muda mudi DPD LDII Kabupaten Lahat.

“Karena ini menjadi wadah untuk mengasah bakat dan kemampuan tulis menulis muda mudi,” katanya.

Di sesi kedua, pelatihan diisi teknik fotografi yang disampaikan oleh Sugeng ST, pemilik sekaligus pimpinan Percetakan dan Fotografi ‘Soegeng 354’ di Jl. Veteran Sekip Sidomulyo depan Lapangan Sepak Bola RD PJKA Bandar Agung. Materi yang disampaikan, cara penggunaan kamera SLR, pemilihan spot, dan sudut pengambilan gambar yang baik. Selain itu diajarkan juga cara mengolah gambar menggunakan HP Camera, dan Camera Pocket.

“Saya berharap, semua peserta bisa menggunakan kamera yang ada untuk mengabadikan setiap kejadian atau moment kegiatan yang diliput meski dengan keterbatasan kamera. Seperti menggunakan HP, dan pocket camera,” kata Soegeng./** (Jakaria)