Lataniya Web Dev

Browse By

MUI Sragen Menggadakan Kajian Gunung Kemukus

Ketua DPD LDII Sragen H Sumarsono, SE, MM (duduk paling kiri ) besama Ketua Umum MUI Kab Sragen KH Minanul Aziz,M.Ud (duduk no 4) bersama utusan dari Ormas Islam & stakeholder

Sragen, Jateng (2017).  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sragen, diaula Kantor Kementerian Agama, 27 November 2017, menggadakan ekspose Hasil Penelitian Gunung Kemukus oleh Komisi Pengkajian & Penelitian MUI Sragen.

Dihadiri dari unsur Kankemenag, Kodim, Polres, Kesbangpolinmas, Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Drs Suwardi, MM, Pokjaluh, Kepala KUA, Camat, Kepala Sekolah & Kepala Desa yang berada di kawasan Gunung Kemukus & Ormas Islam (LDII, NU, Muhammadiyah).

Dalam keteranganya Ketua DPD LDII Sragen H Sumarsono, SE, MM (juga Ketua Dewan Pimpinan Harian MUI Sragen); Kajian Gunung Kemukus yang berada di Desa Pendem, Kecamatan Miri, dilakukan untuk memberikan penyadaraan, pencerahan, secara ilmiah & hukum Islam kepada masyarakat. Bahwa mitos yang dibangun selama ini sebagai kawasan untuk mencari pesugihan (kekayaan) dengan cara prostitusi itu menyesatkan, khurufat (ajaran yang tidak memiliki landasan kebenaran) & Pangeran Samudra yang dimitoskan berdasarkan kajian tidak ditemukan bukti ada hubunganya dengan Prabu Brawijaya & Kerajaan Demak.

Akibat mitos menyesatkan yang dibangun berakibat berkembangnya kemaksiatan, prostitusi, tempat penyebaran penyakit AIDS, merusak tatanan dalam berumah tangga, merusak norma kemasyarakatan, norma keagamaan mengakibatkan perbuatan syirik & merusak nama baik Kabupaten Sragen yang dibangun atas nilai- nilai keagamaan perjuangan Pangeran Samber Nyowo dalam merebut Kemerderdaan dari penjajahan Belanda di Bumi Sukowati.

MUI merekomendasikan agar Gunung Kemukus, yang berada di areal kawasan obyek wisata Waduk Kedung Ombo dijadikan kawasan destinasi permainan & wisata edukasi. Hasil kajian Gunung Kemukus ini disampaiakn oleh Ketua Komisi Pengkajian & Penelitian  DR.H. Nur Salim,M.Ag.

Kepala Kantor Kementerian Agama H Nasirin, M.Ag, mendukung langkah hasil kajian MUI Sragen & menugaskan penyuluh agama secara rutin mengadakan pengajian di masyarakat kawasan Gunung Kemukus untuk meningkatkan pengamalan agama.

Untuk menindaklanjuti hasil kajian ini Ketua DPD LDII Sragen mengamanatkan kepada Ketua Pimpinan Cabang LDII Kec Miri supaya terus membumikan, menyebarkan  ajaran & pengamalan agama Islam  yang sesuai dengan AL Qur’an & Al Hadist dikawasan Gunung Kemukus, dengan bergandengtanggan dengan Kantor Urusan Agama Kec Miri untuk membangun citra baik, bermoral,  religius dikawasan Gunung Kemukus.  (#@nt-kimdpdldiisrg, photo sumarsono) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *