Lataniya Web Dev

Browse By

Mengatasi Mata Lelah Akibat Layar Komputer

mata pegalUntuk pekerja kantoran, mantengin layar komputer sudah menjadi ‘santapan’ sehari-hari. Meski tak sehat, risiko ini harus dijalani demi profesionalisme kerja. Mata lelah dan tambah minus pun dianggap hal biasa.

Mata lelah kerap dikeluhkan oleh orang yang sehari-hari bekerja di belakang meja dan harus menghadapi layar komputer. Otot mata menjadi cepat lelah karena bekerja untuk memfokuskan benda agar bisa terlihat dengan jelas.

“Karena terfokus, makanya jadi capek. Kalau terlalu lama, otot juga akan mengalami kelelahan, seperti tangan jika mengangkat beban terlalu lama juga akan mengalami kelelahan otot,” jelas Dr. Surya Utama, SpM, Spesialis Mata dari Eka Hospital Pekanbaru.

Dr. Surya menjelaskan mata lelah biasanya dicirikan dengan kemerahan, berair, sakit di sekitar alis mata yang lama-lama akan menyebabkan sakit kepala. Selain mata lelah, terlalu lama di depan komputer juga berpotensi menambah minus pada mata. Kondisi ini biasanya terjadi karena penggunaan mata yang terlalu lama sehingga dapat mengubah bentuk bola mata, yang akhirnya menyebabkan kenaikan minus. Mata minus juga bisa terjadi akibat menatap satu objek terlalu lama, seperti membaca.

Berikut cara mengatasi mata lelah, gatal, kering, atau justru berair, akibat terlalu lama memandang layar komputer atau laptop.

1. Mengedipkan mata
Berkedip sangat penting untuk mata, karena memberikan kelembaban dan mencegah mata dari rasa gatal dan kering. Ketika tengah berfokus memandangi layar komputer Anda, termasuk menatap huruf dan ketikan, atau memainkan game online, tak ada salahnya Anda lebih sering mengedipkan mata.

2. Sesuaikan tingkat kontras dan kecerahan layar
Ada baiknya jika Anda mengatur pencahayaan yang terkait brightness dan kontras pada layar komputer atau laptop anda. Anda juga perlu menyesuaikan ukuran huruf (font) layar. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda tak sering-sering memicingkan mata saat menatap layar. Ini akan memberikan mata Anda istirahat agar tidak terlalu bekerja keras memandangi layar.

3. Mengatur pencahayaan ruangan
Pastikan saat menggunakan komputer atau laptop, Anda berada di ruangan yang terang dengan tingkat pencahayaan yang cukup. Ruangan yang gelap dapat membuat mata Anda lebih cepat lelah dalam menatap layar. Namun ruangan yang terlampau terang pun akan membuat mata Anda tegang karena silau. Terutama, ketika cahaya itu berasal dari sinar matahari siang yang masuk melalui jendela.

4. Istirahat yang cukup
Saat sudah merasa terlalu lama di depan komputer, cobalah beristirahat sejenak dengan melepaskan diri Anda dari meja kerja dan layar komputer. Selain berfungsi untuk membuat mata Anda lebih santai, waktu break ini juga dapat Anda gunakan untuk sedikit melakukan peregangan tubuh untuk mendapatkan sirkulasi darah yang cukup.

5. Memindahkan layar komputer
Jika layar komputer terletak di tempat yang sempit dan menyudut, ada baiknya jika Anda memindahkannya. Posisikan layar dengan membelakangi area lebih luas. Ini berfungsi saat mata Anda lelah menghadap layar, Anda dapat memindahkan pandangan ke area luas di belakang layar untuk mengurangi ketegangan pada mata.

6. Lakukan senam mata
Anda bisa mencegah atau meminimalisir ketegangan mata dengan senam mata sederhana. Cobalah pandangi objek yang terletak di kejauhan selama beberapa menit, kemudian gosok kedua telapak tangan Anda sampai hangat, lalu tempelkan tangan hangat Anda ke mata. Maka mata Anda akan terasa lebih rileks. Anda juga bisa memejamkan mata Anda sejenak lalu putar leher Anda dengan gerakan perlahan yang seirama. Biarkan Anda menikmati rasa santai itu selama beberapa menit. Selain meminimalisir rasa lelah pada mata, cara ini juga akan menghilangkan rasa nyeri pada bahu Anda.

7. Percikan sedikit air ke mata
Selain obat tetes mata, Anda juga bisa memercikkan sedikit air ke mata Anda. Lakukanlah jika mata Anda terasa panas. Biarkan air itu perlahan mengering sendiri di mata, baru kemudian Anda bisa lanjutkan lagi pekerjaan Anda.

8. Lakukan pijatan pada wajah
Anda bisa gunakan selembar handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Secara perlahan gosokkan handuk hangat itu ke pipi, dahi dan leher Anda. Lanjutkanlah dengan memijat area-area wajah tanpa menggosok mata Anda. Hal tersebut bisa merangsang syaraf di sekitar mata dan menghilangkan ketegangan karena terlalu lama menatap layar.//**

Aneka Resep untuk Memelihara Mata

BERIKUT ini berbagai bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan pada mata. Beberapa di antaranya bersumber pada buku Perawatan Tubuh dan Pengobatan Tradisional karya R. Sartono.

1. Mata Lelah
Gunakan alpukat untuk mendinginkan dan menyegarkan mata yang lelah atau sembab. Alpukat bermanfaat karena banyak mengandung vitamin A, C, E, zat besi, potasium, niasin, asam pantatenik, dan protein.

Caranya: Kupas sebuah alpukat lalu dipotong tipis-tipis menyerupai lempengan. Tempelkan pada mata yang lelah atau sembab, lalu diamkan selama 20 menit. Bersihkan sisa alpukat dengan air dingin. Mata yang letih juga bisa diatasi dengan mengusapkan es batu di sekeliling mata selama beberapa menit. Tindakan ini akan mengembalikan kelancaran peredaran darah dan menyegarkan mata.

2. Lingkaran Hitam
Masalah lingkaran hitam yang sering muncul di bawah mata, bisa ditangani dengan mentimun yang murah dan mudah didapat. Dalam sayuran ini terkandung banyak mineral dan air. Caranya: Ambil mentimun dan diiris tipis. Gunakan irisan mentimun untuk mengompres mata selama 15 menit.

3. Mata Merah
Mata yang memerah dan lelah bisa diatasi dengan merambang dengan air rebusan daun sirih. Caranya: Segenggam daun sirih beserta batangnya yang muda dan tangkai daunnya direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusannya untuk merambang bola mata. Boleh juga dengan cara meneteskan air tersebut pada mata. Untuk mengatasi mata merah akibat kurang tidur, lakukan kompres mata dengan air teh hitam yang sudah diendapkan satu malam.

4. Mata Bengkak
Untuk menghilangkan bengkak di mata, sekaligus menyejukkan bisa dicoba masker yang mengandung hazelnut, bunga mawar atau bunga jagung.

5. Pencuci Mata
Untuk membersihkan mata yang keruh, ambil segenggam bunga melati, lalu dibersihkan. Rendam bunga melati dengan segelas penuh air matang yang sudah dingin dan biarkan semalam. Esoknya air tersebut disaring, lalu digunakan untuk merambang atau merendam biji mata.

6. Membuat Bola Mata Bening
Satu sendok teh diseduh dengan segelas air. Biarkan semalam dan esok paginya baru disaring. Gunakan air ini untuk mencuci mata dengan merambang mata selama 3-5 menit. Semula akan terasa perih, namun perlahan akan terasa dingin dan mata pun terasa nyaman.

[sumber: kompas.com, inilah.com]