Lataniya Web Dev

Browse By

Jalan Sehat dan Sepeda Santai LDII Tegal

Dalam rangka memaknai Hari Pahlawan 10 November, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Tegal menggelar kegiatan Jalan Sehat dan Sepeda Santai, Minggu 16 November 2014.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman GOR Tri Sanja tersebut dihadiri Wakil Bupati Tegal, Dra. Hj. Umi Azizah, diikuti ribuan peserta dari warga LDII se Kabupaten Tegal serta masyarakat sekitar. Sedangkan untuk kegiatan sepeda santai diikuti beberapa Komunitas Sepeda di wilayah Kabupaten Tegal, seperti POMPA dari Pangkah, PITTOELAS dari Langon Kudaile Slawi, AAS Slawi, dan sejumlah Gowesser yang lain.

Ketua DPD LDII Kab. Tegal, Drs. H. Walidi, MM dalam sambutannya mengingatkan bahwa bangsa Indonesia ini bangsa yang LUAR BIASA. Bangsa yang besar dan majemuk, memiliki sejarah perjuangan yang sangat menakjubkan. Aset sangat berharga yang dimiliki bangsa Indonesia adalah semangat juang, nilai – nilai patriotik, rela berkurban para pahlawan dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

Lebih lanjut Walidi mengajak untuk menengok sejenak peristiwa 10 November 1945, pada saat kota Surabaya dikepung tentara Inggris dari berbagai penjuru; darat, laut, dan udara, dengan tujuan menguasai kota Surabaya. Dengan tekad dan semangat yang dikobarkan Bung Tomo saat itu : MERDEKA atau MATI !! arek – arek Surabaya yang hanya bersenjatakan bambu runcing dan senjata rampasan tidak gentar menghadapi musuh yang bersenjata lengkap dan modern. Nilai-nilai heroik yang luar biasa tersebut harus terus dilestarikan, diwariskan kepada generasi penerus di bumi ini. Jangan sampai nilai-nilai juang para pahlawan yang amat sangat berharga ini hilang terkikis oleh arus kemajuan dan globalisasi.

Selanjutnya, Walidi mengajak masyarakat untuk memaknai hari Pahlawan 10 November melalui kegiatan positif yang menggembirakan dan menyehatkan. Ia mengingatkan pentingnya kesehatan. ‘Health is everything’, kesehatan adalah segala-galanya, paparnya, “Semua orang tentu menyayangi tubuh yang hanya satu-satunya. Maka harus dijaga kondisi, keseimbangan dan kesehatannya. Apabila ada organ tubuh yang rusak atau tidak berfungsi, tidak ada satu pun toko atau supermarket yang menyediakan sparepartnya. Kalau toh ada dapat dipastikan itu tidak orisinil alias palsu.”

Sementara Wakil Bupati Tegal, Dra. Hj. Umi Azizah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kegiatan yang diprakarsai LDII, yang menggugah kembali semangat militansi, patriotisme, semangat kebersamaan, kesetiaan sosial yang sangat diperlukan dalam membangun Kabupaten Tegal menyongsong hari- hari yang akan datang dengan semangat ‘Hari Esok Harus Lebih Baik daripada Hari Ini’.

Lebih lanjut, Umi Azizah menegaskan bahwa cita-cita besar, mimpi besar Kabupaten Tegal yang mandiri, unggul, religius dan sejahtera tidak akan terwujud tanpa kebersamaan dan partisipasi masyarakat, termasuk warga LDII. Kegiatan Jalan Sehat dan Sepeda Santai juga merupakan implementasi Hadits Rosululloh SAW, bahwa jasad yang sehat terdapat akal yang sehat, akal yang sehat harus didukung jasad yang sehat.

Mengakhiri sambutannya, Umi azizah berharap agar kegiatan LDII bersinergi dengan program-program pemerintah Kabupaten Tegal dalam mengatasi persoalan seperti angka kematian ibu dan bayi lahir yang masih tinggi, kasus HIV dan pernikahan dini. Selain itu, ia juga mengajak seluruh yang hadir untuk turut terlibat secara aktif Gerakan Memungut Sampah sehingga GOR Tri Sanja bersih dan rapi serta membudayakan hidup sederhana dan mencintai produk-produk dalam negeri.

Usai acara seremonial, tepat pukul 07.30 peserta Jalan Sehat dan Sepeda Santai diberangkatkan Wakil Bupati Tegal menempuh dua rute. Rute Jalan Sehat dari GOR TRI SANJA Pakembaran ke arah Selatan sampai Patung Obor belok ke kiri, terus ke Timur sampai pertigaan (Gerbang Kelurahan Pakembaran) belok ke kiri, lurus ke Utara hingga perempatan Desa, belok ke kiri, terus ke Barat menuju GOR TRI SANJA. Sedangkan rute Sepeda Santai dari GOR TRI SANJA Pakembaran ke arah Utara sampai pertigaan Perumahan belok kanan, terus hingga perempatan Trayeman (traffic light) belok ke kiri terus ke Utara sampai pertigaan (Watu Tunclep) Yonif 407 Ujungrusi belok ke kiri, terus ke arah Selatan menyusuri Desa Harjosari – Kalisoka hingga ke Desa Sindang, pertigaan belok ke kiri, ke arah Selatan sampai Desa Gumayun, pertigaan belok kiri ke arah Slawi, terus ke Timur sampai patung Obor belok kiri menuju GOR TRI SANJA.

Usai pelaksanaan kegiatan diadakan pengundian door prize berupa kulkas, sepeda gunung, TV, kompor gas, blender, dispenser, magic com, kipas angin, dan puluhan hadiah lainnya yang disediakan sejumlah sponsor yaitu BMT Amanah Barokah, RSU Adella Slawi, Nagamas Motor, Permata Abadi, Rumah Makan Pring Cendani Ujungrusi, PT Indosat, Teh Poci, Sophie Paris, Lulu Collection, Rumah Kerudung Sekar Kedaton, Life Computer, Herbal Bioba, Qory Collection Adiwerna, Mitra Technic Adiwerna, Metro Mas Slawi, dan Radio Pop FM Tegal.

Acara yang dipandu Suwandi, S.Pd., Muktar Umri dan MC dari Nagamas Motor tersebut sangat variatif sehingga peserta tidak merasa jenuh menunggu. Diawali dengan sejumlah kuis pengetahuan tentang kepahlawanan untuk anak SD, SMP, dan SMA/SMK, dilanjutkan dengan pengundian kupon. Para siswa SD hingga SMA/SMK nampak sangat antusias menjawab pertanyaan yang disampaikan panitia. Semua pertanyaan dijawab dengan benar oleh para siswa.

Sebagai penghormatan kepada sesepuh, untuk undian hadiah utama panitia meminta anggota legiun veteran 45 untuk mengambil kupon. Seorang veteran pejuang 45 Bpk. Mujiono yang juga bergabung dengan Komunitas sepeda PITTOELAS tampil mengambilkan kupon untuk hadiah utama. Acara berakhir setelah penyerahan hadiah utama berupa kulkas oleh Pak Mujiono didampingi ketua DPD LDII Kab. Tegal kepada Ny. Suroso dari Kemantran Kramat. Usai acara, sebagai wujud kepedulian lingkungan serta menindaklanjuti himbauan Ibu Wakil Bupati, diadakan gerakan memungut sampah di sekitar GOR Tri Sanja sehingga begitu ditinggalkan, halaman GOR tampak bersih.