Lataniya Web Dev

Browse By

Google Bidik Telekomunikasi

google

Setelah sukses menguasai berbagai bidang teknologi informasi, mulai dari pencarian data, gambar, peta digital, komunitas, email, dan sederet bidang terkait lainnya, kini Google mulai melirik ladang telekomunikasi. Ladang telekomunikasi yang dimaksud bukanlah sebatas pada development teknologi seluler melalui Android, tetapi lebih luas lagi ke arah penguasaan frekwensi gelombang telekomunikasi.

Google mengatakan pada hari Jumat yang lalu, akan menerima tawaran lelang U.S. Federal Communications Commission’s mengenai penguasaan kelas spektrum gelombang wireless 700 megahertz.

Jika Google dapat memenangkannya, maka Google dapat memiliki spektrum wireless network-nya sendiri, ataupun berpartner dengan pihak yang diinginkannya untuk membangun dan mengoperasikan jaringan nirkabel tersebut. Hal menguntungkan lain yang dapat diperoleh Google jika memenangkan penawaran ini adalah Google dapat menempatkan merek logonya pada jutaan perangkat mobile yang mempergunakan jaringan nirkabel tersebut. Selain itu juga Google dapat mengontrol pemakaian Internet dari perangkat-perangkat mobile tersebut, hingga nominal berapa harga yang harus dibayarkan pemakai untuk setiap pemakaian layanannya. Dengan kata lain, jika Google dapat memenagkan penawaran ini, maka Google dapat menjadi penentu arah perkembangan teknologi jaringan nirkabel generasi berikutnya.

Selama ini spektrum frekwensi 700 megahertz ini dipergunakan untuk layanan TV Analog dan bisnis perjalanan. Namun akhirnya segera disadari bahwa terdapat potensi besar pada bisnis gelombang nirkabel ini untuk mengembangkan Internet lebih jauh di masa mendatang. Pelelangan spektrum ini sendiri direncanakan akan dimulai pada 24 Januari mendatang, sedangkan pendaftaran partisipan dijadwalkan ditutup pada hari Senin depan.

Ketika Google memutuskan untuk mengikuti penawaran lelang spektrum ini tentunya bukan tanpa pertimbangan bisnis. Prioritas Google untuk menguasai spektrum gelombang wireless ini adalah murni untuk melipatgandakan profit yang didapatkannya. Penguasaan spektrum ini nantinya akan memberikan tantangan baru bagi Goole untuk menguasai advertensi local. Dengan menaklukan dunia mobile lokal, Google mengharapkan hal ini dapat mendorong pertumbuhan market internasionalnya, di mana orang lebih bergantung pada aplikasi mobile-nya melebihi mereka yang ada di Amerika

Repost from: http://kiosit.com
Artikel Terkait: Google Raja Akuisisi di http://dawudabd.blogspot.com