Lataniya Web Dev

Browse By

Audiensi dengan Ketua Dewan Masjid Indonesia Malang

Turen, Malang – Pengurus DPD LDII Kabupaten Malang melakukan kunjungan menuju kediaman ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Malang pada hari Minggu, 22 Februari 2015. Kunjungan ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan silaturrahim antara pengurus DPD LDII Kab. Malang dengan ketua Dewan Masjid Indonesia, Bapak KH. Imam Sibaweh. DMI seperti yang kita ketahui adalah organisasi yang memiliki konsentrasi serta perkumpulan antara para Ta’mir Masjid.

Acara yang dimulai pada pukul 18.45 WIB hingga 19:45 WIB ini dihadiri oleh beberapa pengurus DPD LDII Kab. Malang, seperti Bapak Drs. H. Abdulloh Wakit (Ketua), Bapak Hariyanto (Dewan Penasihat), Bapak Drs.H.M. Soetrisno, S.Kom (Sekretaris) dan beberapa pengurus lain.

Selain sebagai ajang silaturrahim, dalam acara ini pengurus DPD LDII Kab. Malang juga menjelaskan mengenai program DPD LDII Kab. Malang yang mengacu pada hasil Rakernas LDII 2007 dan Munas 7 LDII. Program yang dimaksudkan bertujuan agar DPD LDII Kab. Malang dapat bekerjasama dan menjalin hubungan baik dengan beberapa organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Malang.

Ditengah acara, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kab. Malang, Bapak KH. Imam Sibaweh menerangkan beberapa program dari DMI, diantaranya:

1. POSDAYA
Kegiatan ini bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Islam Negeri dan swasta, diantaranya UIN, UNISMA, UNIRA yang diwujudkan dalam bentuk KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan Masjid sebagai pusat pemberdayaan ekonomi umat.

2. Service Speaker Masjid Gratis
Kegiatan rutin ini diadakan DMI sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat luas agar kegiatan yang berlangsung di masjid dapat berjalan maksimal.

3. Database Masjid
Pendataan masjid yang dilakukan oleh DMI ini dilakukan secara berkala. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga Aset Masjid agar dapat disertifikatwakafkan, karena tiap tahun ada dana hibah yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Malang untuk pengembangan Masjid.

Selain ketiga kegiatan di atas, DMI juga mengadakan beberapa kegiatan lainnya seperti Perilaku Bersih Sehat berbasis Masjid dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berbasis Masjid.

Acara Audiensi kali ini diakhiri dengan berdoa dan sesi foto bersama. Adapun harapan dari kunjungan ini agar nantinya DPD LDII Kab. Malang dapat berpartisipasi dalam kegiatan – kegiatan Dewan Masjid Indonesia ke depan. (/ar).