Browse By

Mencetak Santri Cinta NKRI

DPD LDII Kota Cimahi bekerjasama dengan Yayasan Baitul Izzah bertekad mencetak santri-santri yang memiliki rasa cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di halaman Masjid Baitul Makmur, Cipageran, Kota Cimahi (22/10/2019). Sekitar 380 orang yakni santri Pondok Pesantren Baitul Izzah (Ponpes Baiz), siswa-siswi SMP Baitul Izzah Boarding School (BIBS), pengurus DPD LDII Kota Cimahi, pengurus ponpes dan pengurus BIBS mengikuti jalannya upacara.

Dewan Penasehat Yayasan Baitul Izzah, Letkol TNI (Purn) KH. Minardi Nur Muhammad menjadi inspektur upacara bendera HSN 2019. Hadir pula pengururs Yayasan Baitul Izzah, pengurus DPD LDII Kota Cimahi, pengurus Ponpes Baiz dan pengurus SMP BIBS.

Selain diperingati melalui upacara bendera, keluarga besar Pondok Pesantren Baitul Izzah dan Siswa/Siswi BIBS Kota Cimahi juga menggelar jalan santai di lingkungan RW 16 Kelurahan Cipageran.

Setelah rangkaian upacara selesai dilanjutkan dengan jalan santai oleh semua siswa dan siswi guna untuk pengenalan alam lingkungan di sekitar Pondok Pesantren. Acara ini berlangsung hingga pukul 10.30 WIB.

Dalam sambutannya, Minardi mengajak para santri dan siswa untuk meningkatkan rasa cinta terhadap NKRI. Salah satunya dengan menimba ilmu agama. Pasalnya, ajaran agama Islam juga menyuruh para muslimin untuk menjaga dan mempertahankan negara masing-masing, termasuk Indonesia.

Ia mencontohkan agar meneladani perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang bersatu padu secara nasional untuk mengusir penjajah guna mendapatkan kemerdekaan yang didambakan selama 350 tahun. Perjuangan para ulama dan umaro dalam merebut kemerdekaan sangat berat. Mereka berjuang dengan jiwa dan raga yang tak terhitung nilainya demi berkibarnya Sang Merah Putih.

“Sekarang saatnya mengisi kemerdekaan dengan prestasi-prestasi. Tunjukkan bagaimana rasa cinta terhadap negara ini dengan memberikan kontribusi-kontribusi positif sehingga bisa membantu negara ini tumbuh menjadi negara yang maju,” ujar Minardi.
Sementara Sekretaris DPD LDII Kota Cimahi Fadel Abrori SPi MH memberikan semangat kepada para santri agar belajar ilmu agama dengan fokus dan sabar. Sehingga tujuan mereka menjadi generasi muda yang memiliki tri sukses generasi penerus bisa tercapai.

Sejak beberapa tahun yang lalu, urainya, LDII mempunyai target mencetak generasi muda LDII menjadi pribadi profesional religius yang diharuskan memiliki tri sukses generasi penerus yakni alim-faqih, berakhlakul karimah, dan mandiri.

“Tri sukses generus yang merupakan pondasi terwujudnya pribadi profesional religius ini sejalan dengan upaya pemerintah mencetak sumber daya manusia unggul guna menjadikan Indonesia maju,” urai Fadel. (fadel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *